Loading...

Bupati Bengkalis Kasmarni Hadiri Pengukuhan Mabiran Dan Pengurus Kwarran Mandau Periode 2020-2023

 



Mandau-(detikperjuangan.com)- Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP Rabu (23/6/21) hadiri pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbjng Ranting (Mabiran ) Kwartir Ranting (Kwarran)  / LPK dan DKR Kwarran 040403  Gerakan Pramuka Kecamatan Mandau masa bakti 2020-2023.Pengukuhan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bengkalis, Bustami HY dilaksanakan di Gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP selaku Ka Mabicab Pramuka Kabupaten Bengkalis.Selain itu juga hadir Ka Mabiran Pramuka Mandau, Riki Riahardi, S,STP.M.Si, Ka Kwarran Pramuka Mandau, Peppy,  Camat Bathin Solapan,Camat Pinggir dan Camat Talang Muandau, Kapolsek Mandau, Koramil 04 Mandau, dan Sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Bengkalis, diantaranya  Edi Sakura, Hj.Kholijah, Renaldi, Suwarto, Kabag Humas Bengkalis serta para undangan lainya yang hadir.

Ka Mabiran Pramuka Kecamatan Mandau Riki Rihardi mengatakan bahwa Gerakan Pramuka dimana Kwartir Ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan Gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di Kecamatan.Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu Pendidikan nonformal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara.





Seperti diketahui  bahwa tantangan saat ini dan kedepan Gerakan Pramuka makin berat. Untuk itu diperlukan pengurus yang tangkas dan cerdas agar bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan. 


“Utamanya kita sebagai Pramuka juga sebagai agen perubahan di masa pandemic covid-19 ini. Penerapan protokol kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga memegang peranan yang tidak kalah penting,” kata Riki Rihardi yang juga Camat Mandau.


Sementara itu Kwarcab Pramuka Kabupaten Bengkalis Bustami HY juga berpesan kepada Mabiran dan Pengurus Kwarran periode 2020-2023 hendaknya memperhatikan beberapa hal yaitu ; mau, mampu, dan punya dedikasi tinggi. Hal itu diperlukan agar organisasi yang dijalankan bisa mencapai kemajuan. baik di masyarakat juga dalam pengelolaan kwartir dengan manajemen yang lebih baik lagi, serta bisa melaksanakan program kerja yang direncanakan sejalan dengan kegiatan ke Pramuka an di Kwartir Cabang Bengkalis.



Selaku pimpinan kwartir cabang gerakan pramuka Bengkalis menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya kita untuk memperkuat tekad dan meneguhkan kembali semangat guna membawa kaum muda kita ke masa depan yang lebih baik.

Hal ini  sesuai dengan tujuan dari gerakan pramuka itu sendiri, yakni untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nila-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan republik indonesia, mengamalkan pancasila, serta mampu untuk melestarikan lingkungan hidup..

"Saya  ucapkan selamat kepada ketua kwartir ranting gerakan pramuka Mandau beserta seluruh anggota, masa bakti 2020-2023 yang telah dilantik pada hari ini.kita berharap upacara pelantikan hari ini dapat dijadikan momentum untuk bergerak maju guna membawa gerakan pramuka ke arah yang lebih baik di Kecamatan Mandau.,", harapnya.

Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP dalam sambutanya menyampaikan tahniah kepada pengurus yang baru dikukuhkan.

"Atas nama pemerintah kabupaten Bengkalis, saya menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada Ketua beserta jajaran pengurus mabiran, kwarran, lPK dan DKR kwartir ranting 040403 gerakan pramuka Mandau masa bakti 2020-2023 yang baru saja dilantik.,"  kata Bupati diawal sambutannya.




Bupati mengharapkqn kiranya dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.
Terus tingkatkan kwalitas dan kuantitas gerakan pramuka, teruslah berkreasi serta berkarya dengan kegiatan yang positif dan produktif. karena saya yakin generasi muda kecamatan mandau adalah generasi yang unggul, generasi yang bermarwah, generasi yang maju, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang,

Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini, gerakan pramuka di kecamatan mandau dapat lebih maju dan meningkat, serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab dan ikut serta dalam pembangunan daerah.
pengurus mabiran, kwaran, hadirin para undangan yang kami muliakan,.

Perlu saya ingatkan, bahwa gerakan pramuka dimana kwartir ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di kecamatan, hal ini tentunya sejalan dengan amanat undang-undang republik indonesia nomor 12 tahun 2010 tentang pendidikan kepramukaan.

" Kita membutuhkan pengurus pramuka yang bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan berat yang sedang terjadi. Agar gerakan pramuka dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi gerakan pramuka yang dapat melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara melalui pengembangan potensi diri, akhlak mulia, dan kecakapan hidup,", Harap Bupati.

Tantangan tersebut tentunya harus dicarikan solusinya dengan melibatkan mereka dalam gerakan pramuka. Tantangan tersebut juga hendaknya dapat menjadi pemicu semangat kita untuk terus berupaya secara maksimal dalam memajukan gerakan pramuka khususnya di kabupaten bengkalis yang kita cintai ini.

" Kami juga berharap, gerakan pramuka sebagai agen perubahan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang masih terus terjadi sampai saat ini, pengurus dan anggota pramuka harus menjadi contoh bagi masyarakat serta ikut mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi yang sedang gencar kita laksanakan ", Harapnya.




Bupati Bengkalis yang juga Ka Mabicab Pramuka Kabupaten Bengkalis juga berharap agar pelantikan ini dijadikan  sebagai momentum untuk meningkatkan solidaritas dalam merumuskan langkah-langkah strategis bagi peningkatan kuantitas dan kualitas pembinaan gerakan pramuka di Kecamatan Mandau kedepannya. 

"Susunlah program yang implementatif guna mempertahankan bahkan meningkatkan capaian prestasi dan keberhasilan yang telah diraih selama ini.Terus bangun koordinasi, harmonisasi, komunikasi, sinergi serta kolaborasi baik secara internal maupun eksternal, hindari tindakan yang dapat merugikan organisasi, masyarakat maupun yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”, Kata Bupati menutup sambutannya ( red/ dpc)

Lebih baru Lebih lama