Loading...

Bupati Buka Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Jurusan Welder & K3 Umum Disnakertrans Bengkalis

 



Mandau- ( detikperjuangan.com)- Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP Rabu (28/7/21) membuka secara resmi Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Jurusan Welder  & K3 Umum ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) .Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Disnakertrans Kabupaten Bengkalis di Jalan Pipa Air Bersih Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan tersebut diikuti  puluhan peserta  se Kabupaten Bengkalis. 

 
Kadisnakertrans Bengkalis Hj Kholizah,SPd.I dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan  sejalan dengan visi dan misi Disnakertran Kabupaten Bengkalis yaitu 
terwujudnya Tenaga Kerja Yang Handal dan Mandiri dalam Hubungan Industrial Yang Harmonis Serta Pemukiman Transmigrasi Yang Mandiri.




" Mudah-mudahan dengan kegiatan pelatihan ini dapat mewujudkan sumber daya manusia  tenaga  kerja yang handal serta tercipta  naker yang sejahtera.Dan juga sebagai bekal dan meningkatkan skill untuk mendapatkan pekerjaan serta mengurangi pengangguran ,", kata Kadisnakertrans Bengkalis Hj Kholizah, SPd.I.

Ditambahkan dalam kegiatan pelatihan ini pihaknya bekerja sama dengan PT. DAMAR KONSULTINDO INSPEKTAMA  Duri  yang mengisi  isntruktur selama pelatihan berjalan.
Pelatihan dilaksanakan selama 21 hari mulai tanggal 26/7/21 hingga 20 Agustus 2021 dengan jumlah peserta 20 orang .Sementara untuk jurusan K3 Umum dilaksanakan selama 14 hari mulai 28 Juli sampai 15 Agustus dengan jumlah peserta 35 orang.
" Seluruh peserta menadapatkan fasilitas seragam, ATK,alat praktikum dan juga konsumsi hang disediakan oleh panitia pelaksana,", terang Hj Kholizah,SPd.I.

Bupati Bengkalis Kasmarni yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa pihaknya sangat menaruh perhatian khusus terhadap peningkatan SDM dan lapangan kerja selama masa kepemimpinannya.

Hal itu tertuang dalam salah satu dari delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, yakni stimulus ekonomi bagi pekerja sektor informal seperti buruh, petani, peternak, nelayan dan lain-lain, peningkatan lapangan pekerjaan dan penerapan teknologi serta inovasi bidang perekonomian.



Program tersebut akan diwujudkan dalam sejumlah kegiatan. Bupati Kasmarni mengungkapkan itu dihadapan peserta pelatihan berdasarkan unit kompetensi, yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis, Rabu. 28 Juli 2021, di aula Kantor Disnakertrans.

“Kami akan mewujudkannya melalui kegiatan pengoptimalan balai latihan kerja, penerimaan tenaga kerja lokal minimal 60% di perusahaan yang beroperasi di Bengkalis, menyiapkan kurikulum pelatihan berbasis terapan sesuai kebutuhan dunia kerja serta menjalin kerjasama dengan perusahaan dalam meningkatkan skill pekerja dan pencari kerja,” ungkap Kasmarni.

Disisi lain, sambungnya, lowongan kerja yang dapat menampung pencari kerja terbatas. Kondisi ini menuntut pemerintah harus kreatif membuat program-program yang berbasis ekonomi, life skill atau program lainnya untuk menekan angka pengangguran.



“Salah satu upaya yang perlu kita lakukan dalam mengatasi problematika sebagaimana disebutkan di atas adalah dengan memberikan pembekalan kepada para pencari kerja sehingga mereka memiliki kompetensi agar lebih siap bersaing di pasar kerja,” terangnya.( RLS/ Red/dpc)

Lebih baru Lebih lama