Loading...

Sapi 889 Kg Asal Bengkalis Jadi Pilihan Jokowi Berqurban untuk Masyarakat Riau

 




Bengkalis (detikperjuangan.com) - Seekor Sapi jenis Limousin milik peternak bernama Hasan Basri di Kabupaten Bengkalis dipilih Presiden RI Joko Widodo sebagai sapi kurban untuk masyarakat Provinsi Riau.

Sapi berwarna coklat muda yang sudah berusia sekitar 6 tahun lebih ini memiliki berat mencapai sekitar 889 kilogram.

Sapi yang sudah diberikan label pemenang kontes sebagai sapi terbaik di Provinsi Riau sejak April 2021 lalu ini akan diserahkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau dan dilanjutkan ke Gubernur Riau, Syamsuar.

Pelepasan sapi kurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau berlangsung di Pusat Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara yang beralamat di Desa Kelapapati, Kabupaten Bengkalis, secara simbolis oleh Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Senin (12/7/2021) pagi.

Bagus Santoso berharap dengan terpilihnya sapi limousin milik peternak Bengkalis ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak khususnya sapi.

"Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi kurban Pak Presiden Jokowi. Alhamdulillah mudah-mudahan ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Kabupaten Bengkalis," kata Bagus, Senin (12/7/2021).

Menurutnya mantan wartawan ini, Pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan dan hal itu sudah terbukti.

Contohnya, kata dia, untuk tahun 2021 ini, sapi asal Bengkalis menjadi salah satu sapi kurban yang dipilih oleh Presiden yang akan diserahkan kepada Gubernur Riau.

"Sapi asal Kabupaten Bengkalis yang terpilih. Ayo beternak sapi bersama karena sudah ada contoh dan buktinya, Bengkalis mempunyai potensi untuk menjadi peternak sapi yang andal," tuturnya.

Sementara itu Kepala DTPHP Bengkalis H Tarmizi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Amri Noer mengatakan, bahwa terpilihnya sapi limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis untuk kurban masyarakat Riau tersebut, sebelumnya telah didaftarkan untuk mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kg lebih.

"Alhamdulillah sapi yang kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Dan sapi lemousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," jelasnya.

Dari hasil penimbangan bobot sapi limousin ini disebutkan Amri Noer, sekitar 889 Kg setelah mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi yang mewakili Kementerian Pertanian.

Dan sepekan lalu tim dari provinsi juga melakukan pengamatan ulang untuk memastikan kesehatan hewan tersebut.( PAS/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama