Loading...

Geliat Bangun Desa,Pemkab Bengkalis Wujudkan Bankeu 1 M 1 Desa Bermasa




Bathin Solapan -(detikperjuangan.com)- Melalui program bantuan keuangan ( bankeu)  1 milyar 1 desa Bermarwah, Maju dan Sejahtera (BERMASA) bertujuan guna desa dapat terus bergeliat membangun desanya, agar terciptanya desa mandiri, maju dan sejahtera di Kabupaten Bengkalis.

Ungkapan itu disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya ketika membuka sosialisasi Perbub tentang Pedoman Umum Pengelolaan Bantuan Khusus 1 milyar 1 desa BERMASA, Tata cara pengalokasian ADD dan Besaran SILTAP, Tunjangan dan Pendapatan lainnya. 



Sosialisasi ini diikuti unsur Kecamatan Bathin Solapan, Kepala Desa, BPD, PKK dan Pendamping yang di buka secara resmi Kasmarni, di Balai Pertemuan Kantor Camat Bathin Solapan Kamis, 14 Oktober 2021. 


Bantuan keuangan desa BERMASA merupakan anggaran yang memang kita alokasikan khusus didalam APBD Kabupaten Bengkalis. 

Hal tersebut sebagai wujud komitmen dan janji kami dalam mengimplementasikan delapan program unggulan daerah, melalui program bantuan keuangan satu milyar satu kecamatan, satu kelurahan dan satu desa, agar tercapainya Visi “Mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera” atau yang disingkat dengan tagline “BERMASA”.



Sebanyak 136 desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis akan kita kucurkan bantuan keuangan yang bersifat khusus tersebut.

Sementara penentuan indikator tahapan penyaluran, alur penyaluran, monitoring dan evaluasi serta sanksi dari dana bantuan keuangan desa BERMASA telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bengkalis yang hari ini akan di sosialisasikan.

“Bantuan khusus 1 milyar 1 desa yang disiapkan ini, ada 3 indokator yang akan dimasukkan di dalamnya. Yaitu indeks ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan dan tidak digunakan untuk oprasional Kepala Desa,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi.

Yuhelmi berharap dengan adanya bantuan keuangan ini desa mampu memanfaatkan semua dana di desa berdasarkan aturan guna meningkatkan pembangunan kesejahteraan di wilayahnya.

Selain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi, turut terlihat hadir sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Bengkalis Toharudin, Camat Bathin Solapan Aulia Army Effendy dan Camat Mandau Riki Rihardi. ( RLS/dpc)

Lebih baru Lebih lama