Loading...

Varian Omicron Masuk Indonesia, Jubir Satgas Minta Warga Tunda Perjalanan ke Luar Negeri

 


Jakarta (detikperjuangan.com) - Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan ke luar negeri apabila tidak bersifat darurat, mengingat varian Omicron telah masuk ke Indonesia. 

Imbauan tersebut disampaikan Wiku melalui keterangan persnya di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12/2021). 

Lebih jauh Wiku mengatakan, apabila perjalanan harus dilakukan karena keadaan yang sangat mendesak seperti untuk alasan kesehatan, kedukaan atau tugas kedinasan, maka harus mematuhi protokol perjalanan internasional sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 25 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19. 

"Kami harapkan seluruh masyarakat yang terpaksa melakukan perjalanan ke luar negeri untuk terlebih dahulu memahami isi dari kebijakan tersebut," kata Wiku. 

Ia juga berharap kesediaan masyarakat untuk bekerjasama dengan pemerintah demi menjaga kondisi perkembangan Covid-19 di Indonesia agar tetap kondusif dan aman Covid. 

Wiku menyebutkan, sikap mawas untuk tidak melakukan aktivitas kecuali yang bersifat darurat merupakan salah satu bentuk tanggung jawab untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar. 

"Saya yakin bahwa seluruh elemen masyarakat berharap Indonesia tidak akan mengalami lonjakan kasus utamanya menjelang periode perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini," ujarnya.( PAS/dpc)
Lebih baru Lebih lama