Loading...

KNPI Bengkalis Gelar FGD, Bahas Pasokan Air Bersih Bagi Warga Duri

 



Duri- ( detikperjuangan.com) Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkalis yang diketuai oleh Iwan Sakai menggelar focus group discussion (FGD) bersama stakeholder dan para pemuda, di Duri, Kabupaten Bengkalis, Selasa (4/1/2022).

Dalam FGD tersebut  membahas tentang pasokan air bersih bagi masyarakat Duri. Pada FGD ini, KNPI Bengkalis menghadirkan Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal dan manajemen PT Pertamina Hulu Rokan.

Ketua KNPI Bengkalis Iwan Sakai menyebut, bahwa kegiatan FGD tersebut digelar untuk menjawab persoalan dan aspirasi masyarakat.

"Kegiatan hari ini luar biasa.
Program ini hadir karena keluh kesah masyarakat, hari ini kita bahas masalah air bersih. Karena air merupakan sumber kehidupan masyarakat yang utama," kata Iwan.

Menurut dia, hasil dari FGD tersebut cukup memuaskan. Sehingga akan ada tindak lanjut untuk pembahasan untuk kemaslahatan masyarakat.




Dalam kesempatan itu, Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal memaparkan tentang skema dan pasokan air bagi masyarakat. Ia menyebut, bahwa selama ini air baku PDAM Bengkalis juga berasal dari waduk PT Pertamina Hulu Rokan yang berada di Blok Rokan wilayah DSF 125 Duri.

"Kita juga ada pembahasan untuk penambahan debit air, karena kebutuhan meningkat. Sesuai dengan komitmen Pak Rudi Arif PHR, nanti akan ada diskusi teknis," ungkap Jufrizal.

Dia optimis, peningkatan debit air untuk kebutuhan masyarakat dapat terealisasi secepatnya.

"Setelah ini ada diskusi teknis, harapan insyaallah ada. Karena kita lihat dengan kondisi waduk, kedalaman, dari curah hujan di Duri. Jadi kita tentu positif," tuturnya.

Menurut Jufrizal, idealnya pasokan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mandau dan sekitarnya yaitu 140 liter per detik.

"Akan ada diskusi teknis selanjutnya demi hajat hidup orang banyak," kata dia.

Sementara itu Sekda Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mengatakan sangat mengapresiasi  acara KNPI  Kabupaten Bengkalis ini karena  mampu mendorong  para pemuda-pemuda khsusnya di  Kabupaten Bengkalis dengan menggelar FGD terkait permasalahan air bersih.

"Kami berharap kepada peserta FGD KNPI Bengkalis agar mengikuti dengan baik agar mengetahui masalah apa yang terjadi sebenarnya tentang air bersih saat  ini," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis kata Sekda H Bustami HY, setelah acara FGD yang digelar oleh KNPI ini mendapatkan hasil sangat diharapkan masyarakat tentang permasalahan air bersih.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung kegiatan FGD yang digelar oleh pihak KNPI dan ini merupakan kegiatan sangat positif agar para pemuda-pemudi di daerah kita ini mempunyai wawasan luas,",imbuhnya 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Bengkalis Bustami HY, Asisten 1 Heri Indra Putra, Manager PHR Rudi Arif,Ketua Karang Taruna Bengkalis Hermansyah, dan para pemuda KNPI Bengkalis. Juga hadir Camat Bathin Solapan,Camat Mandau,Camat Pinggir dan Camat Talang Muandau .(PAS/DPC)
Lebih baru Lebih lama