Loading...

Buka Festival Lampu Colok- Bupati : Jangan Sampai Mengurangi Aktivitas Ibadah di Bulan Suci Ramadhan


Bengkalis ( detikperjuangan.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis kembali menggelar Festival lampu colok yang telah menjadi tradisi tiap tahunnya di Negeri Junjungan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. 

Tahun ini, Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso membuka festival lampu colok tingkat Kabupaten Bengkalis di Dusun Siandal, Desa Damai Kecamatan Bengkalis Kamis malam, 28 April 2022.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kasmarni memberikan izin setiap Desa menyalakan lampu colok dengan meriah, namun jangan sampai membuat masjid dan mushalla kosong.


“Satu hal lagi yang perlu kami ingatkan, kemeriahan dan keindahan kegiatan festival lampu colok ini, jangan sampai mengurangi aktivitas ibadah kita di bulan suci Ramadhan,” pintanya.



Kasmarni menjelaskan pada malam terakhir Ramadhan di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yakni malam lailatul qadar, oleh karenanya jangan membuat aktivitas ibadah umat Islam terlalaikan.



Disisi lain, orang nomor satu di Negeri Junjungan ini juga tak menampik pelaksanaan dan pelestarian budaya tradisional seperti ini penting untuk kita laksanakan dan kita lestarikan, selain sebagai budaya warisan kehidupan masyarakat Melayu Kabupaten Bengkalis zaman berzaman, juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk syiar Islam.

“Karena ada banyak hikmah maupun tunjuk ajar kehidupan yang dapat dipetik dari penyelenggaraan festival lampu colok ini, salah satu diantaranya adalah dapat menumbuhkan serta mempererat semangat persaudaraan, kekompakan, kepedulian, serta gotong royong di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda kita, yang akhir-akhir ini memang kian tergerus, dampak dari globalisasi dan modernisasi,” pungkasnya.

Adapun peserta Festival Lampu Colok di Kabupaten Bengkalis yang berlangsung dari 28 April hingga 1 Mei tersebut sebanyak 20 lokasi.

Ikut hadir dalam persemian Festival Lampu Colok tersebut Anggota DPRD Bengkalis Zamzami, Kapolres Bengkalis, AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303\Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia, Sekda Bengkalis Bustami HY, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Al-Fakhrurrazi, Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis Aulia. 



Kadis Pariwisata Edi Sakura, Kadis Kominfotik Hendrik Dwi Yatmoko, Perkebunan Mohammad Azmir, Kadis PMPTSP Basuki Rakhmad, Kadis PPPA Raja Arlingga, Kadis Kadis PUPR Ardiansyah, Kadis Koperasi dan UKM Sufandi, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ismail. 



Kepala Bappeda Rinto, Kepala Bapenda Syahruddin, Kaban Kesbangpol Hermanto Baran, Penelitian dan Pengembangan Fadhlan Fuad Daulay, Plt Kasatpol PP Hengki Irawan.

Camat Bengkalis Ade Suwirman, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Tengku Zainuddin, Ketua Baznas Ali Ambar, Ketua MUI Amrizal. ( Rlsprokopimblks/dpc)












Lebih baru Lebih lama