Loading...

Dit Binmas Polda Riau Jalin Kerjasama Dengan Santri Tani ,Komitmen Wujudkan Ketahanan Pangan.




Pekanbaru ( detikperjuangan.com),  Disaksikan Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal, nota kesepahaman dan kerjasama Polda Riau dengan Santri Tani ditandatangani oleh Direktur Binmas AKBP Wendry Purbyantoro SH dan Ketua Umum DPP Santri Tani NU T Rusli Ahmad SE MM. Acara penandatanganan tersebut dilaksanakan  bertepatan digelarnya acara apel akbar Bhabinkamtibmas se jajaran Polda Riau di Ballroom hotel Labersa pada Kamis (19/5/2022).

Terwujudnya kerjasama tersebut didasari keinginan bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, dan sepakat bekerjasama pada program pembangunan di sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan dengan pola mensinergikan potensi tugas, fungsi dan kewenangan serta program yang ada pada kedua belah pihak.

Direktur Binmas AKBP Wendry mengatakan pihaknya menjalin kerjasama dan sinergitas dengan Santri Tani untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.

“Arti Santri di sini bukan ditujukan kepada siswa pesantren atau sekolah madrasah dan lainnya, tetapi diartikan semua masyarakat yang minat belajar dan melakukan hal hal yang baik, masyarakat yang minat bekerja termasuk menjadi petani, berkebun ataupun beternak,” urai Wendry.

Mantan Direktur Tahti tersebut merincikan jika _*warga Santri Tani*_ ini nantinya akan mengerjakan lahan lahan yang disiapkan DPP Santri Tani, bekerja sama dengan Desa. Bhabinkamtibmas nanti akan berperan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa, Babinsa untuk mendorong dan membina warga baik yang memiliki lahan maupun yang belum, agar timbul minat dan kemauan bekerja mengolah lahan tidur atau lahan yang telah disiapkan. Terkait bagaimana penyiapan lahan, cara berkebun , bercocok tanam dan pemupukan akan disiapkan dan diberikan pelatihan oleh DPP Santri Tani,” urai Wendry.


Kapolda Riau Irjen Iqbal menyambut baik kerjasama yang dibangun Direktur Binmas bersama Santri Tani dan dirinya mendorong semua pihak termasuk para Bhabinkamtibmas untuk mendukung dan mensupport kerjasama tersebut.

“Kita perlu memperhatikan ketahanan pangan dan itu perlunya aksi nyata. Santri Tani mengajak kita tujuannya adalah untuk turut mensejahterakan masyarakat. Kita dukung tujuan mulia ini,” ujar Iqbal.( Rls/dpc)
Lebih baru Lebih lama