Loading...

Camat Rupat Utara Pimpin Upacara Hari Jadi Propinsi Riau ke-65

 


RUPAT UTARA ( detikperjuangan.com)  – Dalam rangka memperingati Dirgahayu Provinsi Riau ke 65 Tahun Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, menggelar Upacara yang dipimpin oleh Camat Rupat Utara H Afrizal diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Gauk Rizal.

Pada Upacara tersebut Pidato Gubernur Riau, H Syamsuar, yang dibacakan oleh Sekcam Rupat Utara, Gauk Rizal menyebutkan Sejenak marilah kita melihat ke belakang menurut benang sejarah panjang yang telah mengantarkan Provinsi Riau pada usia 65 Tahun.

"Cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari sebuah tonggak sejarah dengan diselenggarakannya Kongres Pemuda pada Tanggal 17 Oktober 1954 yang digelar di Kota Pekanbaru," kata Sekcam Rupat Utara, Gauk Rizal saat membacakan Pidato dari Gubernur Riau, H Syamsuar Selasa (9/8/2022).



Ditambahkannya, Hal tersebut merupakan sebuah puncak kebulatan tekad masyarakat Riau untuk menentukan masa depannya, Kongres itu menghasilkan sebuah kesepakatan untuk menjadikan Riau sebagai Provinsi Mandiri.

"Berbekal hasil Kongres inilah, utusan Masyarakat Riau datang menghadap Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), dengan hasrat mulia guna memberikan sesuatu yang tebaik bagi Negeri Melayu," terangnya.

Pada Tanggal 9 Agustus 1957, diutarakannya, Presdien Republik Indonesia pada saat itu Bapak Soekarno di Depansar Bali menandatangani UU Darurat Nomor 19 Tahun 1957, diterbitkan pula UU Nomor 61 Tahun 1958, Alhamdulillah Tahun ini Presiden Jokowi telah mendatangani UU Nomor 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau, diama UU tersebut telah disesuailan dengan perkembangan Daerah saat ini.

"Saat ini juga Provinsi Riau telah menjadi Pusat perekonomian di Pulau Sumatera, karena pesatnya pembangunan di Negeri Lancang Kuning, yang telah kita rasakan bersama, hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi semakin membaik sebesar 4,88 %, pada Triwulan II Tahun 2022," pungkasnya.

Upacara Dirgahayu Provinsi ke 65 Tahun yang digelar oleh Pemcam Rupat Utara tersebut juga diikuti oleh Forkopimcam, Kepala Desa, Kepala BPD, Kepala UPT, Korwilcam Pendidikan, Kepala Sekolah, Ketua LAMR, Ketua MUI, KUA, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, Mahasiswa/ Mahasiswi KKN dari UNRI, UIN dan STAI Dumai. ( Rls/dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama