Loading...

Besok Tol Pekanbaru - Bangkinang Resmi Dibuka, Gubri Minta Patuhi Rambu Lalu Lintas

 



PEKANBARU (Detikperjuangan.com) - Tol Pekanbaru - Bangkinang resmi mulai dibuka untuk umum, Kamis (27/10/2022) besok pagi, pukul 07.00 WIB. Dengan dibukanya tol sepanjang 31 kilometer ini, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau kepada pengendara untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

Salah satunya adalah menjaga kecepatan kendaraan pada batas yang sudah ditetapkan yakni 80 kilometer per jam.

"Tetap patuhi aturan dan rambu-rambu lalulintas, jangan ngebut di jalan tol, karena jalan tol ini sangat rawan," katanya, Rabu (26/10/2022).

Menurut Gubri, jalan tol rawan terjadi kecelakaan. Kondisi jalan yang mulus terkadang membuat pengendara terlena dan tidak sadar kendaraan sudah melaju dengan kencang. 

Selain itu, pengendara juga diingatkan agar jangan sampai mengantuk saat melintas di jalan tol. Sebab hal tersebut bisa membahayakan pengendara. 

"Kita tau tol Pekanbaru - Dumai itu saja banyak terjadi kecelakaan ‎. Mudah-mudahan di tol Pekanbaru - Bangkinang ini semua patuh aturan sehingga tidak terjadi kecelakaan," katanya.

Gubri Syamsuar menegaskan, untuk sementara selama masa ujicoba ini, pengendara yang melintasi tol Pekanbaru - Bangkinang tidak dipungut bayaran alias gratis.

"Iya, gratis selama masa ujicoba, tapi tetap menggunakan kartu e tol," ujarnya.

Namun Gubri belum bisa memastikan berapa lama masa ujicoba tersebut akan berlangsung. Sebab kewenangan nya ada di pemerintah pusat. 

"Batas waktu ujicobanya nanti ditetapkan oleh kementerian, dan ini adalah bagian dari operasional tol ini, sehingga tol ini bisa segera dimanfaatkan, sambil menunggu peresmian oleh pak presiden," kata nya.

Seperti diketahui tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area. 

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 25-30 menit saja.( PAS/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama