Loading...

Musrenbangdes Buluh Manis Dibuka Camat Bathin Solapan, Selain Infrastruktur Juga Prioritaskan Pemberdayaan


Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com) -Pemerintah desa ( Pemdes) Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis  Rabu(26/10/2022) kemarin melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa  ( Musrenbangdes).Kegiatan rutin setiap tahun tersebut dibuka resmi Camat  Bathin Solapan Muhammad Rusydy, MR, S.STP, M.Si didampingi Kasi PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Tasarjon di Gedung Pertemuan Kantor Desa Buluh Manis.

Selain  Kepala Desa Legimun juga hadir  Perangkat Desa, Ketua BPD Masrianto serta Anggota,  PKK Desa Buluh Manis, BPBD Kecamatan, UPT Puskesmas Balai Makam, LAMR Desa, Kepala Sekolah, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Korcam Pendamping Ekonomi dan Pembangunan. 



Camat Bathin Solapan  menyampaikan Musrenbang Desa Regulasi atau Proses yang harus kita lewati sesuai dengan mandat Undang-undang .

" Untuk itu kami harapkan agar  jangan pernah bosan untuk memberikan usulan-usulan ini berdasarkan kebutuhan masyarakat untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat yang langsung dari bawah," kata Camat Bathin Solapan mengawali sambutannya.

Camat juga menambahkan terkait dana desa bermasa 1 Desa 1 Miliyar  berharap pendamping desa yang ada memberikan informasi kepada kepala Desa sesuai juknis.Dana Bermasa merupakan  program unggulan Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos, MMP guna  mewujudkan masyarakat Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera. 

Camat juga berharap Kepada Pemerintah Desa dapat bersinergi dan Sinkron dalam program Pemberdayaan dengan ibu PKK Kecamatan dengan salah satu contohnya Program Motor Pustaka Keliling dengan adanya Program unggulan Kecamatan ini dapat di ikuti oleh Ibu PKK Desa .

"  Dengan adanya program ini diharapkan  dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Pelosok Desa.,", Harap Camat.



Sementara itu Kades Buluh Manis Legimun menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan rutinitas setiap tahun.
" Kepada masyarakat kita sampaikan jika masih ada usulan yang belum terakomodir,maka masih ada waktu untuk memasukkan usulan dalam DU RKP tahun 2023.Dan usulan tahun 2023 ini tidak terfokus bidang  infrastruktur tapi juga pemberdayaan,", kata Legimun.

Kades juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bengkalis dengan program unggulan bantuan dana Rp 1 M setiap kecamatan,desa dan kelurahan.

" Terima kasih atas program unggulan Bupati Bengkalis yaitu  Bermasa.Karena sangat menyentuh masyarakat untuk  membantu pembangunan desa dan pemberdayaan guna meningkatkan ekonomi masyarakat,", pungkasnya ( red/dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama