Loading...

Jambore PAUD Sukses dan Meriah,Bupati Bengkalis Apresiasi Kegiatan

 



BENGKALIS, ( Detikperjuangan.com) - Kegiatan Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ditaja Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis berlangsung sukses dan meriah yang diselenggarakan pada Rabu 2 Nopember 2022.

 

Acara yang digagas Bidang PAUD Disdik Bengkalis ini mendapatkan apresiasi langsung oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni.

 

"Kami apresiasi dan tahniah kepada semua pihak, sehingga Jambore PAUD bisa terlaksana dengan baik. Ini merupakan wujud kesadaran kita semua dalam mewujudkan PAUD berkualitas," ,Kata Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP saat membuka Jambore PAUD sekaligus pembinaan karakter PAUD Kabupaten Bengkalis 2022. 




 

Acara yang juga dihadiri Kepala Disdik Bengkalis Hj Kholijah itu dilaksanakan di Lapangan Tugu, Rabu 2 November 2022.


Menurut Kasmarni, pelaksanaan jambore PAUD sekaligus momentum menggugah peran serta masyarakat, pemerintah dan swasta agar memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pendidikan anak usia dini.

 

"Termasuk pemenuhan kebutuhannya, dari mulai sistem pengajaran, lembaga pendidikan termasuk kredibilitas pengajarnya," ucapnya lagi.





Selaras dengan tema "Bersama Wujudkan PAUD berkualitas, menuju Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera".Mantan Camat Pinggir itu berharap gerakan PAUD berkualitas harus menjadi fokus utama.


Agar kedepannya Kabupaten Bengkalis memiliki generasi emas, yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

 

Demi terwujudnya PAUD berkualitas dimaksud, Kasmarni berpesan agar seluruh lembaga PAUD di Negeri Junjungan memenuhi empat elemen.

 

Pertama, memiliki kualitas pendidikan yang baik. Kedua, PAUD harus bermitra dengan orang tua. Ketiga, PAUD juga harus memiliki tata kelola yang baik. 

 

Keempat, PAUD juga harus mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak, seperti kesehatan, gizi, moral, emosional, pengasuhan dan perlindungan anak.

 

Untuk itu, Kasmarni mengajak semua pelaku di dunia PAUD agar ikut berkomitmen mewujudkan PAUD berkualitas, demi terwujudnya layanan PAUD holistik.

 

"Yakni pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan," ungkapnya.

 

Sementara itu, dalam laporanya Kepala Disdik, Hj Kholijah menyebutkan jambore PAUD berlangsung 1 sampai dengan 3 November 2022.

 

Kegiatan ini disi dengan berbagai kegiatan dan lomba, seperti apresiasi bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan. Lomba menanyi solo, melukis, mikro teaching dan senam irama.




 

"Peserta lomba ini sekitar 165 orang, setiap kecamatan masing-masing mengutus 15 peserta. Adapun jurinya sebanyak 15 orang, berasal dari Provinsi Riau dan juri tempatan," jelasnya

 

Sedangkan pembinaan kegiatan berkarakter anak usia dini adalah Tari Zapin Massal dengan jumlah peserta lebih kurang 1.500 orang.


Terdiri dari anak-anak paud, guru PAUD, orang tua murid, dan organisasi mitra PAUD", ucap pejabat yang akrab disapa Bunda tersebut mengakhiri.( Rlsdisdikbkls) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama