Loading...

Menteri Kominfo RI Ditepuk Tepung Tawari Tokoh Adat Sakai Saat Kunker ke Desa Kesumbo Ampai


BENGKALIS ( Detikperjuangan.com) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setia di Tepung Tawar oleh masyarakat suku Sakai yang berada di Desa Kesumbo Ampai, Kamis (24/8/2023).

Di Rumah Adat Suku Sakai yang ada di kampung tersebut, Menkominfo Budi dan istri di tepuk tepung tawari oleh tokoh adat suku Sakai, Gubernur Riau Syamsuar, dan Bupati Bengkalis Kasmarni. 

Tepuk tepung tawar adalah suatu upacara adat budaya melayu Riau peninggalan Raja-raja terdahulu. Tepuk tepung tawar merupakan upacara adat dan juga bentuk persembahan syukur atas terkabulnya suatu keinginan atau usaha, upacara ini dilakukan pada dua ketentuan, baik pada manusia maupun pada benda. 




Tepuk tepung tawar biasa di pergunakan dalam acara-acara tertentu misalnya : pernikahan, menempati rumah baru, mengendarai kendaraan baru, khitanan, serta bentuk-bentuk dari luapan rasa kegembiraan bagi orang-orang yang mempunyai hajatan, atau semacam upacara adat yang sakral lainnya.

Sebelum ditepuk tepung tawar, Menkominfo RI dan Gubernur Syamsuar disambut dengan Silek Tigo Bulan Suku Sakai, pemakaian kalung bunga serta disambut dengan Tari Poang Adat Suku Sakai. 

Tari Poang merupakan tari ritual adat penyambutan tamu oleh masyarakat Sakai, khususnya Bathin Sobanga dari kelompok suku Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Tarian ini hanya ditampilkan dalam penyambutan tamu-tamu adat, pemerintahan, dan yang dianggap terhormat oleh masyarakat Sakai.


Bupati Bengkalis Kasmarni selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada Menkominfo berserta rombongan yang telah datang di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di desa Kesumbo Ampai.

"Kehadiran beliau (Menkominfo) menjadi suatu kehormatan dan juga kebanggaan bagi kami masyarakat kabupaten Bengkalis," kata Kasmarni. 

"Melalui momentum ini dapat memperkuat komunikasi dan mempererat silaturahmi agar ke depannya kami terkoneksi terus dengan program pemerintah pusat, khususnya dengan program yang ada di Kemenkominfo RI," imbuhnya. 


Senada dengan itu, Gubernur Riau Syamsuar juga mengucapkan syukur karena bisa bersilaturahmi dengan Menkominfo di desa tersebut dalam rangka peningkatan kompetensi masyarakat desa di era digital. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri (Kominfo) beserta istri dan rombongan yang di tengah kesibukannya beliau dapat hadir di tengah-tengah kita," kata Syamsuar. 



"Kalau tak salah di Kecamatan Mandau, Beliau telah dua kali Bengkalis, namun untuk  di Kecamatan Bathin Solapan tepatnya Desa Kesumbo Ampai baru satu kali, saya sangat senang sekali beliau datang ke sini," pungkasnya. 

Sebagai informasi kehadiran Menkominfo di desa tersebut dalam rangka pertemuan dengan para kepala desa dan lurah se Provinsi Riau sekaligus diskusi terkait peningkatan kompetensi perdesaan Riau di era digital (***)



Sumber : Mediacenter Riau 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama