Loading...

Camat Bathin Solapan Buka Musrenbangdes Air Kulim Sekaligus Sertijab Kades


Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com) Pemerintah Desa Air Kulim Kecamatan Bathin Solapan bersama Badan Permusyawaratan Desa ( BPD)  Selasa (12/9/23)  menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ( Musrenbangdes) .Kegiatan yang dilaksanakan di  Gedung Pertemuan Air Kulim Bertuah dibuka langsung oleh Camat Bathin Solapan M Rusydy MR, SSTP,MSi.

Selain Camat juga hadir  Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Dapil Kecamatan Bathin Solapan, H.Jasmi, Ketua BPD Suparno,PJ Kades Suryati, Sekdes, Munawar Rosidi, Mantan Kades Syahril, Babinsa,Sertu, S.Handoko, Bhabinkamtibmas, Briptu,Bambang Siregar. Kemudian Kepala UPT se Kecamatan Bathin Solapan, Kadus ketua RT dan RW se Desa Air Kulim serta seluruh undangan lainya.



Musrenbang desa dengan tema pembahasan penetapan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDes) merupakan kegiatan musyawarah tahunan.Dan  juga untuk menyepakati RKPDes yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.


Musrenbang ini juga melibatkan semua komponen masyarakat, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Dimana rencana pembangunan tersebut nantinya akan dibiayai dari APBD Kabupaten Bengkalis dan berbagai sumber dana lainya, baik itu ADD, DD, maupun Pendapatan Asli Desa.(PAD).



Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy saat membuka kegiatan menyampaikan, Musrenbang desa tahun 2023 ini dilaksanakan untuk menetapkan skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2024. 

" Tujuannya, ialah untuk menetapkan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan. Dengan harapan semoga berjalan dgn baik dan lancar untuk kemajuan desa ", Kata  Camat.



Sementara PJ Kades Suryati berharap apapun yang ditetapkan menjadi prioritas baik itu pemberdayaan maupun pembangunan desa ditahun 2024 semoga bisa memberikan manfaat secara umum. Dan setelah dilaksanakan / dibangun supaya dijaga, dirawat sehingga bisa bermanfaat berkelanjutan, semoga musrembang ini berjalan dengan baik dan menghasilkan musyawarah yang tepat untuk pembangunan Desa Air Kulim tahun depan.

Kegiatan Musrenbang dilanjutkan dengan penyampaian dan pemaparan laporan hasil kegiatan penyusunan RKPDes 2023 dan DU-RKPDes Tahun 2024 oleh Ketua BPD Suparno di sampaikan oleh anggota ibu Risma. Ada 10 skala prioritas yang di sampaikan di hadapan masyarakat air kulim/Usulan.
Diantaranya 
1. Peningkatan Badan Jalan (Hotmix) 2.Peningkatan Badan Jalan ( Hotmix) 3. Peningkatan Badan Jalan Hotmix.4. Peningkatan Badan Jalan Hotmix.5. Peningkatan Badan Jalan Hotmix (Kelancaran Transfortasi) 6. Penambahan Ruang Kelas dan Mushola SDN.7.Penambahan Ruang Kelas dan Mushola SDN.8. Rumah Layak Huni.9. Gedung Perpustakaan Desa.10. Pengadaan Hewan Ternak Sapi/Kambing (Kelompok Tani). Lanjut Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy menambahkan, yang 10 sekala Prioritas ini sipatnya bukan pinal, namun sewaktu waktu dapat beruba sesuai usulan masyarakat, yang 10 ini nantinya sebagai ajuan pada saat Musrenbang di tingkat Kecamatan."ulas camat M.Rusydy.


Dalam acara tersebut dilanjutkan  dengan Serah Terima Jabatan Kepala Desa kepada Pj Kades  Suryati,S,Sos dari  Kepala Desa yang lama Syahril . Kemudian dilanjutkan Penandatanganan berita acara sekaligus penyerahan cendera mata.
Dan  kemudian dengan penanda tanganan berita acara Musrenbang penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa Air Kulim tahun 2023. ( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama