Loading...

Bupati Bengkalis Buka Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 SLB Cendana Duri



Duri ( Detikperjuangan.com) Sekolah Luar Biasa ( SLB) Cendana  Duri Ahad (3/12/23)  menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023.Kegiatan dengan tema Kebersamaan dalam perbedaan ,menuju lingkungan Inklusif dilaksanakan di halaman Mandau City Duri dibuka Bupati Bengkalis diwakili Asisten II Toharuddin,SH,MSi.Selain itu juga hadir Direktur Yayasan Cendana Riau DR Deni Satria,M.Pd, Kadisnakertrans Bengkalis, Camat Mandau,Bathin Solapan,Pinggir dan juga Camat Talang Muandau,Ketua Komnas PA Bengkalis Refry, Ketua Komite SLB Cendana Duri Mukhlis, Kapolsek Mandau dan Danramil 03 Mandau.



Ketua Panitia Susanti,S.Pd menyampaikan 
Tujuannya kegiatan untuk  menghilangkan stigma buruk terhadap penyandang disabikitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan menunjukkan ragam lehidupan disabilitas yang unik dan menarik serta apresiasi karya dan potensi yang dimiliki penyandang disabilitas.



Sementara  itu Kepala Sekolah SLB Cendana Duri  Nurfitri Elyonndri,S.Pd bahwa setia tanggal 3 Desember merupakan Hari Disabilitas Internasional 

" Sebelumnya  setiap SLB yang ada di Duri ini Mandau,Bathin Solapan dan Pinggir  merayakan peringatan HDI di sekolah kami masing-masing.Namun SLB Cendana Duri telah melaksanakan peringatan HDI dalam 2 tahun ini di luar sekolah. Kami berharap ini merupakan suatu momen bagi kita semua masyarakat sekitar untuk dapat mengenal lebih dekat dengan penyandang disabilitas kebersamaan dalam perbedaan menuju lingkungan ini yaitu kebersamaan dalam perbedaan menuju lingkungan inklusif,", Sebutnya.



Ditambahkan bahwa  sesama manusia tidak boleh mengabaikan keberadaan disabilitas yang ada di sekitar kita.
" Kita bersama-sama orang tua guru sekolah masyarakat pemerintah maupun swasta bersama-sama dalam memberi bantuan keadilan dan kemudahan akses bagi disabilitas menuju lingkup lingkungan inklusif.Disabilitas bukanlah orang yang mengharapkan dikasihani tetapi disabilitas ini butuh diberikan kesempatan untuk menunjukkan kualitas potensi yang ada pada dirinya.Disabilitas itu memiliki hak dan kewajiban yang sama. Mari bersama-sama bersinergi demi memberikan kontribusi bagi kesejahteraan disabilitas agar Bengkalis  daerah yang kita cintai ini menuju ramah disabilitas ,", Harapnya.

Direktur Yayasan Cendana Riau DR Deni Satria ,M Pd juga menyampaikan pesan  melalui moment ini  untuk menghilangkan stigma negatif dan kekurangan kepada anak-anak yang disabilitas. 

" Kenapa demikian karena undang-undang dan juga hak asasi manusia menekankan bahwa anak-anak kita ini mempunyai hak yang sama terhadap  anak yang normal oleh sebab itu kami atas nama lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana mendukung kegiatan ini.Bahwa setiap perbedaan itu ada kelebihan-kelebihan dari anak-anak kita dan juga bagaimana menuju anak ini menjadi anak-anak yang inklusif di lingkungan, bukan anak yang terabaikan tetapi perlu dukungan penuh untuk memberikan ruang dan gerak dan kecepatan bagi mereka.,", ungkapnya.



Ketua Komite SLB Cendana Duri Mukhlis mengharapkan agar penyetaraan terhadap penyandang disabilitas dapat segera diwujudkan.

" Kami minta kepada pihak Pemerintah dan swasta  untuk memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas diterima bekerja sesuai dengan  kemampuan yang mereka miliki seperti di daerah lain ,"  harapnya.

Bupati Bengkalis diwakili Asisiten II Toharuddin,SH,M.Si sebelum membuka acara peringatan Hari Disabilitas Internasional ini atas nama Pemkab Bengkalis menyampaikan ucapan selamat Hari Disabilitas Internasional kepada saudara penyandang disabilitas.
" Kepada semua kami mengajak Mari jadikan momentum peringatan Hari Disabilitas Internasional  ini sebagai langkah tepat bersama untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan Disabilitas, ", Kata Toharuddin,SH,M.Si.



Ditambahkan Asisiten II bahwa selaras dengan tema hari disabilitas internasional  tahun 2023 yakni " Bersatu Dalam Aksi Untuk menyelamatkan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutna untuk,dengan dan oleh penyandang disabilitas. " 
" Kami mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder yanga ada di daerah ini sama sama menjadikan dunia lebih baik dan lebih adil bagi penyandang disabilitas, dengan memberikan fokus .Agar kita dapat mengupayakan inclusivitas melalui penghapuasn hambatan fisik,teknologi da  sikap bagi penyandang disabilitas.Kami pemerintak Kabupaten Bengkalis  komit dan serius dalam memberikan perlindungan kesempatan serta kesejahteraan kepada penyandang disabilitas. Dengan meningkatkan akses pelayanan dasar seperti pendidikan kesehatan,"  Pungkasnya.

Acara dibuka secara resmi ditandai dengan penukulan  Gong oleh Asisten II Toharuddin,SH,MSi.
Dalam kegiatan tersebut berbagai penampilan dan kreasi dari anak anak penyandang disabilitas diantaranya penampilan musik  angklung dengan menampilkan penyanyi penyandang tuna netra.Selain itu menampilkan tor tor ,pembacaan puisi dan juga  pantomimik.( Red/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama