Loading...

Aksinya Viral di Medsos, 4 Preman Pungli di Simpang TPI Dumai Ditangkap Polisi

 




Dumai (detikperjuangan.com) - Video viral yang memperlihatkan aktivitas empat orang yang melakukan pungutan liar (pungli) di persimpangan TPI Purnama, Jalan Wan Amir, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, ditangkap polisi.

Video yang direkam oleh supir truk tersebut terjadi pada Selasa (8/6/2021) lalu sekira pukul 05.30 WIB.

Berdasarkan bukti video itu, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira beserta jajaran Sat Reskrim dan Polsek Dumai Barat berhasil mengamankan 4 orang tersangka.

Mereka yakni BA (36), BY (31), AI (39) dan SM (44) bersama sejumlah barang bukti pakaian yang digunakan para pelaku dalam video yang sempat viral di medsos tersebut.

AKBP Andri Ananta mengatakan, uang hasil pemerasan yang dilakukan mereka sudah habis digunakan untuk kebutuhan dan keperluan mereka masing-masing.

"Mereka sudah kita tangkap, karena meresahkan masyarakat," katanya, Minggu (13/6/2021).

Dijelaskan Kapolres, sementara terkait modus operandi, para pelaku memberhentikan mobil tangki yang melintas dengan cara pelaku berdiri di tengah jalan, kemudian pelaku meminta uang kepada para supir senilai Rp 2 ribu, hingga Rp 5 ribu.

"Apabila supir tidak bersedia memberikan uang, maka para pelaku mengancam akan merusak ataupun membuka segel tangki mobil yang berada di bagian belakang, sehingga saat mobil tangki sampai di Perusahaan tujuan, Perusahaan tersebut tidak mau menerima mobil tangki masuk ke areal perusahaan karena segel sudah rusak ataupun terlepas," jelasnya.

Tak hanya demikian, kata Andri, sejumlah supir juga diberi ancaman apabila tidak memberikan uang, maka para pelaku akan menghancurkan mobilnya tersebut.

"Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, 4 tersangka tindak pidana pungutan liar (pungli), pemerasan dan pengancaman terhadap para sopir truk tanki yang viral di media sosial dijerat pasal 368 Ayat (1) KUHPidana tentang tindak pidana pemerasan dan pengancaman," ungkapnya.

Menurut Kapolres, pengungkapan ini merupakan wujud komitmen Polri khususnya Polres Dumai dan Polsek di jajarannya untuk memberantas premanisme dan pungli serta menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Dumai.( PAS/ dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama