Loading...

Kemendikbud RI Kerjasama dengan TP- PKK Mandau Berdayakan Perempuan Kembangkan Batik

 



Mandau-( detikperjuangan.com)- Direktorat Pendidikan Khusus dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan TP-PKK Kecamatan Mandau melaksanakan Pelatihan Pengembangan Batik sebagai wujud pemberdayaan perempuan. Kegiatan ini 
 mengusung tema "Menjunjung Budaya Tingkatkan Daerah" dilaksanakan di Gedung Bathin Betuah Kecamatan Mandau ini secara langsung dibuka oleh Camat Mandau Riki Rihardi S.STP, M.Si bersama Ketua Tp-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar, S.Sos, M.Si. 


Program PKH-P ini diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari perempuan se-Kecamatan Mandau. Peserta mendapatkan materi Pengembangan Batik sebagai bekal untuk menopang ekonomi keluarga. Dengan kegiatan ini peserta mendapatkan ilmu pengetahuan dan diharapkan dapat menghasilkan karya untuk diterapkan, agar Ekonomi masyarakat meningkat, masyarakat menggunakan keterampilan yang diperoleh untuk berwirausaha.




Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi berharap pelatihan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga hasilnya juga akan baik dan dapat bermanfaat.


"Jadikan ini sebagai sesuatu yang ingin kita lakukan untuk meningkatkan taraf hidup dan komersil terutama bagi perempuan di Mandau. Ini merupakan salah satu kesempatan untuk mengembangkan batik di Mandau, yang mana kecamatan Mandau sendiri belum mempunyai identitas asli dari kain. Banyak sekali simbol-simbol yang bisa dimanfaatkan sebagai identitas untuk pengembangan corak batik itu sendiri.,", kata Riki.

Ketua TP PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar, SSos,MSi menyampaikan terima kasih kepada pihak Kemendikbud RI.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud RI, Dinas Pendidikatan Bengkalis dan narasumber yang sudah meluangkan waktu berbagi ilmu kepada peserta pelatihan pengembangan batik ini. PKH-P merupakan salah satu program Kemendikbud RI dalam rangka memenuhi hak-hak perempuan dan mewujudkan kesetaraan. Saya juga berharap pelatihan ini dapat memberi manfaat bagi perempuan untuk mendapatkan pengetahuan keterampilan berbasis budaya lokal salah satunya batik ini agar bisa menjadi ciri khas Kecamatan Mandau" ujar Dewi Asdinar, S.Sos, M.Si.( red/dpc)


Lebih baru Lebih lama