Loading...

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Disdik Riau Genjot Vaksinasi Pelajar SMA/SMK

 



Duri -( detikperjuangan.com)- Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau terus menggenjot upaya vaksinasi bagi para tenaga pendidik dan ribuan pelajar di Riau.

Menginisiasi percepatan itu, Kepala Disdik Riau Zul Ikram mengumpulkan para kepala sekolah tingkat SMA dan SMK di wilayah Riau pesisir untuk membahas wacana tersebut. Pertemuan itu digelar di Duri, Kabupaten Bengkalis, pada Kamis (7/9/2021).

Zul Ikram mengatakan, bahwa pihaknya ingin seluruh pelajar tingkat SMA dan SMK yang jadi kewenangan Disdik provinsi sudah tervaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

"Pertemuan kita itu merancang pelaksanaan vaksin bagi guru yang belum vaksin dan para pelajar. Kita akan berikan vaksin secara massal, mulai dari Duri Kecamatan Mandau ini, dan nanti disisir di Bengkalis dan wilayah kabupaten kepulauan," kata Zul.

Menurutnya, saat ini para tenaga pendidik tingkat SMA dan SMK di Riau sudah hampir 80 persen tervaksinasi. Namun bagi para pelajar, hal itu belum keseluruhan.

"Makanya kita bahas ini, kita upayakan secepatnya dilaksanakan," tuturnya.

Dijelaskan, bahwa salah satu syarat pembelajaran tatap muka terbatas adalah siswa sudah divaksin. Maka seiring itu, Zul terus berupaya mendorong upaya itu bekerjasama dengan tenaga kesehatan dan para kepala sekolah.

Saat ini, pembelajaran tatap muka terbatas di Riau masih 50 persen. Skemanya, para siswa belum masuk setiap hari.

Untuk meningkatkan proses belajar tersebut, Zul mengungkapkan bahwa perlu evaluasi dahulu.

"Masalah tatap muka ke tahap 100 persen ini kita lihat kondisi dulu, kalau bulan pertama banyak terpapar kita evaluasi, begitupun bulan kedua kita evaluasi lagi. Dan kalau ada rekom kepala daerah, gugus tugas covid-19 dan tim, kita akan tingkatkan misal ke 70 persen, kalau untuk 100 persen sepertinya belum," ungkap Zul Ikram.

Di samping itu, ia pun selalu menekankan para tenaga pendidik dan pelajar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi imbauan pemerintah.

Dalam pertemuan membahas serbuan vaksinasi bagi pelajar SMA dan SMK itu, hadir para kepala sekolah yang berada di wilayah Bengkalis, Siak hingga Dumai.( PAS/dpc)
Lebih baru Lebih lama