Loading...

Pemenang Lukisan Kampung Pancasila Diumumkan,Dandim 0303 Bengkalis Apresiasi Kegiatan


DURI (detikperjuangan.com) - Karya anak bangsa berupa lukisan-lukisan yang dibuat di Kampung Pancasila, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Bengkalis mendapatkan apresiasi dari Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis Letkol Endik YH 

Apresiasi itu diberikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis kepada para pemenang dengan karya lukisan terbaiknya yang menyampaikan pesan-pesan nilai khebinekaan dalam bingkai NKRI.

Karya-karya itu dibuat di dinding beton yang lokasinya di pinggir jalan Gajah Mada, Duri. Tak hanya itu, karya tersebut juga dinilai para juri.

Pada Jumat (25/03/2022), lukisan tersebut diumumkan pemenangnya di Koramil Mandau.




Selain Dandim, Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi dan Danramil Mandau Kapt Arh Jemirianto ,Kapolsek Mandau Kompol Indra Lukman P juga memuji karya yang dibuat oleh para remaja dari sekolah-sekolah di Kecamatan Mandau.

Camat Mandau Riki Rihardi menyebut, karya-karya lukisan dinding itu sangat kreatif dan inovatif.

Ia juga mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga kampung Pancasila yang sudah diresmikan, lantaran memiliki nilai nasionalis dan khebinekaan.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Endik Yunia H mengatakan, bahwa karya anak bangsa berupa lukisan itu sangat sarat akan pesan moral.




Ia berpesan kepada generasi penerus agar menanamkan jiwa pancasila dan menjaga kampung pancasila di Mandau yang sudah diresmikan.

"Jangan sampai luntur (nilai pancasila). Mari kita wujudkan generasi yang cinta pancasila," katanya.

Ia juga memuji karya para remaja yang berkreasi dan menyalurkan inovasinya dalam bentuk lukisan tersebut.

"Tujuan kampung Pancasila ini salah satuntnya adalah menangkal paham yang tidak sesuai ideologi Pancasila dan yang merusak Khebinekaan," tuturnya.

Menurut Dandim, Kecamatan Mandau dan sekitarnya merupakan miniatur indonesia, semua suku dan agama ada di sini.

"Maka jangan dihancurkan dengan paham tak benar dan tidak sesuai ideologi Pancasila. Makanya sejak dini kita pupuk untuk mencintai negeri. Dan tetap memegang ideologi," ungkap Dandim.

Adapun para pemenang kompetisi melukis dinding di kampung Pancasila, di antaranya:

Harapan 3 dengan nilai 625 diraih oleh SMA Negeri 2 Mandau, Harapan 2 dengan nilai 675 disabet SMA Swasta Cendana Duri dan Harapan 3 dengan total nilai 700 diraih oleh SMA Negeri 4 Mandau.

Selanjutnya untuk pemuncak, juara 3 dengan nilai 720 diraih oleh SMA Swasta Cendana Duri, Juara 2 dengan nilai 750 diraih oleh SMP Swasta Pelopor Duri dan juara pertama dengan nilai 775 diraih oleh SMAS IT Mutiara Duri.

Para pemenang diberikan piala, piagam penghargaan hingga uang pembinaan. (Red/dpc) 
Lebih baru Lebih lama