Loading...

Material Pengerjaan Semenisasi Jalan Untuk Program TMMD ke-113 Tiba di Posko

 


Pinggir ( detikperjuangan.com) Meski belum resmi dibuka program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun 2022 yang digelar Kodim 0303/Bengkalis,personel TNI sudah mulai mengerjakan beberapa sasaran fisik.

Hari ini,para prajurit Kodim 0303 Bengkalis secara seksama mendata jumlah dan jenis material fisik yang akan digunakan untuk pekerjaan semenisasi jalan, pengerasan dan pembuatan box culvert di tempat sasaran.

Tampak di lapangan, Pasilog Lettu (Inf) Ucok Doni Samosir dan Pasandi Letda (Arh) R Sinaga memeriksa setiap material yang dilansir dan ditempatkan di pos komando (Posko) TMMD ke-113.

Kuantitas dan kualitas bahan konstruksi yang ada disana diperhatikan dengan seksama, sebab kekokohan jalan dalam proses semenisasi dan box culvert menjadi atensi atau perhatian serius guna mendatangkan manfaat yang ‘Tak Menanggung’ bagi warga sekitar.




“Untuk kegiatan, ada empat sasaran meliputi peningkatan jalan (Base) dengan ukuran 4×793 meter di jalan Kelompok Tani, Dusun III Banjaran, Desa Muara Basung. Kemudian yang kedua ada semenisasi jalan Sekolah di Dusun III Air Hitam, Desa Semunai.

Ketiga, pembuatan box culvert di simpang jalan Sekolah. Dan sasaran keempat adalah pembuatan box culvert di jalan Acehan, Dusun IV Sakojaya, Desa Muara Basung. Dari semua program pekerjaan fisik ini, keempatnya membutuhkan material yang harus jelas kualitas dan kuantitasnya agar hasilnya bisa memuaskan dan tahan lama,” kata Dandim 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto.

Untuk memastikan hal itu, ia mengerahkan Pasilog dan Pasandi memeriksa standarisasi material yang digunakan agar sesuai kebutuhan di lapangan.

Di posko sendiri, sudah tampak susunan rangka besi sebagai unsur penguat (tulang) semenisasi jalan. Juga tampak gulungan-gulungan plastik hitam nan tebal yang nantinya digunakan sebagai dasar atau alas semenisasi jalan, tujuannya agar kelembaban tanah tak sampai merusak bahan campuran semenisasi serta menjaga agar semen tetap berada dalam cetakan atau mal.

Kemudian, juga terdapat pasir, kerikil, pasir batu atau sirtu, lembaran papan dan kayu sebagai bahan cetakan sisi jalan atau mal, serta satu unit mesin mixing atau molen semen. Ssmuanya itu diperiksa dengan teliti agar tak ada yang rusak saat hendak digunakan dalam kegiatan fisik TMMD ke-113.

“Semuanya dicek dengan baik agar hasilnya memuaskan. Demikian,” pungkasnya.( Rls/dpc)

Lebih baru Lebih lama