Loading...

Ketua PA Kabupaten Bengkalis Apresiasi Bupati Terkait Pelaksanaan Sidang Isbat Nikah

 



Mandau (detikperjuangan.com) Ketua Pengadilan Agama ( PA) Kabupaten Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim MA sangat mengapresiasi Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos ,MMP atas kepeduliannya terhadap administrasi kependudukan masyarakat.Hal itu dibuktikan dengan melaksanakan Sidang Isbat Nikah massal gratis terhadap 68 pasangan warga Kecamatan Mandau Rabu (24/8/22) di Gedung Capilduk Mandau.

Ketua PA Kabupaten Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim,MA mengatakan terlaksananya 
Sidang Isbat Terpadu ini berkat kerja sama dengan dan sinergi antara  Dinas Dukcapil Bengkalis  dengan Pengadilan Agama dan Kemenag. 

Dikatakannya bahwa dalam hal ini Pengadilan Agama melakukan pemeriksaan  perkara yang di ajukan oleh masyarakat yang dulu pernah menikah secara sirih dan tidak tercatat kemudian memeriksa dengan proses pembuktian yang ada di pengadilan. 

"Jika terbukti pernikahan itu ada sesuai alat bukti dan saksi dengan aturan hukum yang berlaku maka kita sahkan perkawinan yang sirih itu menjadi perkawinan yang sah secara hukum Negara," ,. Kata Ketua PA Kabupaten Bengkalis.

Kemudian lanjutnya setelah itu  langsung mendapatkan buku nikah dari kantor Urusan agama berdasarkan penetapan dan pengesahan yang di keluarkan.

" Setelah mendapatkan akta perkawinan dari KUA terhitung sejak mereka menikah sirih itu lantas kemudian Capil menerbitkan KK dan KTP Baru dengan status hubungan perkawinan mereka tercatat di pencatatan sipil bahkan Disdukcapil langsung menerbitkan akta kelahiran anak yang lahir setelah perkawinan sirih itu karena perkawinan sudah disahkan oleh negara melalui lembaga Pengadilan Agama,", imbuhnya.

Kegiatan seperti ini katanya lagi sangat dinanti sekali oleh masyarakat yang membutuhkan administrasi dari negara terkait dengan pernikahan dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan

" Kita  mengucapkan terimakasih dan apresiasi  kepada Bupati Bengkalis yang sudah memberikan perhatian yang luar biasa agar kegiatan ini berjalan dengan baik.Dan bahkan seluruh biaya yang mestinya di keluarkan oleh masyarakat untuk pelaksanaan isbat itu ditanggung 100 persen oleh Pemerintah Daerah yakni Bupati Bengkalis.Mudah-mudahan usaha baik kita dalam rangka menertibkan administrasi yang dibutuhkan oleh masyarakat menuju keluarga sakinah mawadah warohmah bisa terwujudkan dengan baik, ",pungkas Ketua PA Kabupaten Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim MA ( Red/dpc) 
Lebih baru Lebih lama