Loading...

Pemkab Bengkalis Gelar Job Fair 2022 - Wujud Sinergitas Dunia Kerja Implementasikan 8 Program Unggulan Pemkab Bengkalis


Mandau ( Detikperjuangan.com) Ribuan masyarakat Negeri Junjungan antusias mengikuti Job Fair atau bursa kerja yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Gedung LAM Riau Jalan Hang Tuah Kecamatan Mandau Selasa, 18 Oktober 2022.

Melaksanakan pameran bursa kerja yang diikuti 40 perusahaan ini merupakan wujud sinergitas dunia kerja, unit usaha serta pihak lainnya dalam mengimplementasikan salah satu dari delapan program unggulan pemerintah Kabupaten Bengkalis, yakni program stimulus ekonomi bagi pekerja sektor informal serta peningkatan lapangan pekerjaan, melalui kegiatan penerimaan tenaga kerja lokal minimal 60 persen di perusahaan yang beroperasi di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan.

Bupati Bengkalis Kasmarni bahkan membeberkan bahwa berdasarkan Peraturan Daerah tentang pelayanan, penempatan dan perlindungan tenaga kerja lokal, bersama DPRD Pemkab Bengkalis justru telah menetapkan bahwa penerimaan tenaga kerja lokal tidak lagi minimal 60 persen akan tetapi menjadi 70 persen.


"Artinya kami Pemerintah Daerah, berkeinginan agar tenaga kerja lokal memiliki kesempatan untuk hidup maju dan sejahtera. Serta tidak terjadinya kesenjangan ekonomi, kecemburuan sosial serta tertutupnya kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal, oleh berbagai perusahaan atau unit-unit usaha yang beroperasi di daerah ini. Makanya melalui pelaksanaan Bengkalis Job Fair yang kita laksanakan ini, tentunya kami sambut baik dan harus kita dukung, agar ianya dapat terus berlanjut," ucapnya.

Dengan adanya kegiatan bursa kerja ini, ratusan masyarakat Kabupaten Bengkalis merasa terbantu, melalui informasi lowongan kerja bagi pencari kerja, sesuai kebutuhan perusahaan secara up to date

Sehingga dengan langkah bijak ini, tingginya tingkat pengangguran di Negeri Junjungan dapat ditekankan.

Orang nomor satu di Negeri Junjungan ini menyebut bursa kerja merupakan salah satu solusi bersama, guna mengatasi dampak dari tidak seimbangnya antara tingginya jumlah pencari kerja dengan lowongan/lapangan kerja yang tersedia, serta kurangnya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan. Sehingga dapat mempercepat upaya penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bengkalis.

"Saya berharap, melalui momentum Job Fair ini, mudah-mudahan dapat menjadi pemicu para pencari kerja lokal untuk berkerja, manfaatkan momentum Job Fair ini untuk dapat bekerja dan mencapai cita-cita. Selain itu gali terus kemampuan potensi diri dengan mengikuti perkembangan zaman dan lengkapi persyaratan yang diperlukan dalam lamaran pekerjaan anda dengan baik dan benar," pintanya.

Melalui pertemuan itu juga Bupati Perempuan pertama di Riau ini berharap, kepada perusahaan agar dapat menerima difabel untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Selain itu, kepada perusahaan-perusahaan yang ada Bupati Kasmarni berpesan untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mengembangkan investasi di daerah, agar iklim investasi lebih baik dan bisa menumbuhkan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, sehingga akan meningkatkan perekonomian daerah.  

Hadir dalam acara tersebut Transmigrasi Kabupaten Bengkalis Ismetinol serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah lainnya di lingkungan Pemkab Bengkalis, Camat Mandau Riki Rihardi, Plt. Camat Pinggir Zama Rico, Camat Plt. Camat Talang Muandau Risky Afriandy Camat Bathin Solapan Rusidy. ( Rls/dpc)


Lebih baru Lebih lama