Loading...

Kapolres Berhasil Selesaikan Konflik Sosial Akibat Kerusakan Jalan Rangau

 


Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com) – Masyarakat yang berada di Jalan Rangau, mulai dari Km 10 sampai  KM 15 Desa Buluh Manis, dan Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan terlibat konflik sosial akibat kerusakan jalan yang saat ini semakin memprihatinkan.Dan  meminta atau menuntut agar Jalan tersebut segera diperbaiki karena merupakan akses utama dan menghubungkan dua Kabupaten yaitu Rokan Hilir serta Rokan Hulu.

Namun pihak Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko,SIK Jumat (11/11/22)  melakukan pertemuan dengan masyarakat akhirnya berhasil menyelesaikan masalah konflik sosial pembangunan di Jalan Rangau tersebut.

Kepala Desa Buluh Manis, Legimun S.MN saat memberikan pengarahan menyebutkan Alhamdulillah permasalahan Konflik Sosial telah diselesaikan berkat peran  Forum Peduli Jalan Rangau (FPJR) yang sudah dibentuk sebelumnya.Dan juga berkat kepedulian Kapolres Bengkalis,Dandim dan Bupati Bengkalis.



"Dengan dibentuk FPJR, Akhirnya pihak perusahaan yang juga melintasi Jalan Rangau sepakat untuk membantu dalam perbaikan dan ini juga kita sangat bersyukur karena sudah mengurangi banyaknya lobang yang lumayan besar," kata Kepala Desa Buluh Manis, Legimun S.MN Jum'at (11/11/2022).

Ditambahkannya, namun walaupun sudah dibantu dengan pihak perusahaan ini hanya perbaikan sementara bukan permanen untuk kita berharap ada pembangunan Jalan Rangau.

"Untuk itu kita sangat meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau karena jalan ini marupakan jalan propinsi  Provinsi , " terangnya.




Kemudian Ketua FPJR, Masrianto saat itu juga menyebutkan sudah  merasa lelah karena ada beberapa perusahaan yang tidak peduli untuk membantu dalam perbaikan kerusakan Jalan Rangau.

"Kemudian perlu kami sampaikan selama ini yang membantu untuk perbaikan Jalan Rangau ada sekitar 17 Perusahaan diantaranya Pertamina Hulu Rokan (PHR)," ujarnya.

Masrianto juga sebagai Ketua FPJR mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko dimana telah hadir untuk menyelesaikan masalah konflik sosial ini.

Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko saat diwawancarai meminta kepada Perusahaan yang terkait dalam Perbaikan Jalan Rangau ini agar berkomitmen sesuai MoU bersama masyarakat dengan mengirimkan bantuan perbaikan jalan.

"Saya juga meminta kepada Kasat Intel Polres Bengkalis untuk memanggil Perusahaan yang Lepas tangan dan tidak bekerjasama dalam Perbaikan jalan ini," tegasnya.

Kapolres juga meminta untuk mengedepankan asas musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan konflik sosial ini.Serta meminta kepada Perusahaan yang terkait dalam Perbaikan Jalan di Jalan .Rangau ini agar Berkomitmen Sesuai MoU bersama Masyarakat dengan mengirimkan Bantuan Perbaikan jalan.



Sementara itu Bupati Bengkalis, Kasmarni yang diwakili oleh  Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydi, MR.S, S.STP, SI mengatakan memang sebelum adanya Forum ini masyarakat menyampaikan kepada kami Pemerintah Kecamatan secara brutal namun setelah terbentuk semuanya sudah kondusif.

"Komitmen kami dari Pemerintahan Kabupaten dan Kecamatan nanti pada Musrenbang Tingkat Provinsi kondisi Jalan Rangau yang rusak ini akan disampaikan dan diperjuangkan karena merupakan jalan lintasan antara Kabupaten Bengkalis dengan Kabupaten Rokan Hulu," ucapnya.

Disisilain, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau melalui Sekretaris Gendrayana Rohaini saat dihubungi terkait permasalahan ini mengatakan itu merupakan bagian Bina Marga dan nanti akan disampaikan atas permasalahan tersebut.

"Kami juga dari Dinas PUPR Propinsi Riau, ada aplikasi pelaporan untuk masyarakat jika ada keluhan atas kerusakan Jalan yaitu Sijari Mantap bisa didownload melalui Google Playstore dan silahkan masukkan datanya kesana," pungkas singkat Gendrayana yang juga mantan Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Bengkalis ini.

Selain Kapolres Bengkalis juga hadir dalam pertemuan tersebut Dandim 0303 Bengkalis Letkol Endik Yunia Hermanto,Danramil 03 Mandau Kapt Arh Jemirianto,Kapolsek Mandau AKP Hairul Hidayat, Camat Bathin Solapan Rusidy MR SSTP,Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi, Kades Buluh Manis Legimun,Kades Petani Rasikun  ,para perwakilan dari beberapa perusahaan.( Red/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama