Loading...

Danrem 031/WB Pimpin Upacara Ziarah Sempena Hari Juang TNI AD ke-77

 



Pekanbaru ( Detikperjuangan.com)  – Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 031 Wira Bima, Riau, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Parlindungan Hutagalung, S.A.P pimpin langsung Upacara dan Ziarah Rombongan ke taman makam pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Kota Pekanbaru sempena peringatan Hari Juang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) ke-77 tahun 2022, Rabu (14/12/2022).

Upacara dan ziarah rombongan ini turut diikuti oleh jajaran Perwira Menengah, Perwira Muda, jajaran Korsik, jajaran Denpom, jajaran Disjan, jajaran Yonif 132/BS, jajaran Kikavser 6/ RBT, jajaran Arhanud 13/PBY, jajaran Den Arhanud Rudal, jajaran Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta jajaran Persit.

Upacara ziarah rombongan diawali dengan penghormatan di depan tugu TMP sebagai makna terima kasih mendalam kepada arwah para Pahlawan oleh segenap peserta upacara dan dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta serta peletakan karangan bunga pada Tugu Makam Pahlawan.



Upacara ziarah rombongan diakhiri dengan penaburan bunga di pusara para Pahlawan Kusuma Bangsa, yang dilakukan oleh pimpinan rombongan dan diikuti para peserta upacara. 

Danrem 031/WB Brigjen. TNI Parlindungan Hutagalung, S.A.P mengatakan, Hari Juang TNI AD yang dulunya dikenal dengan Hari Juang Kartika adalah tonggak sejarah bagi TNI, khususnya anggota TNI AD dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

“Hari Juang TNI AD yang selalu diperingati setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya ini, terlahir dari peristiwa pertempuran yang dilakukan oleh para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat dalam mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 lalu. Peristiwa inilah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD. Peringatan Hari Juang TNI AD juga diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi para prajurit Korem 031/WB untuk melaksanakan tugas dalam mempertahankan NKRI. Peringatan ini setiap tahunnya selalu dilaksanakan,” ungkap Brigjen Parlindungan.



Sempena peringatan hari paling bersejarah bagi TNI AD itulah, Korem 031/WB menggelar Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma Kota Pekanbaru Provinsi Riau guna menyegarkan semangat seluruh prajurit dalam menjalankan tugas di tengah masyarakat, serta menjadi benteng kokoh dalam menyebarkan semangat kesatuan dan persatuan yang tak bisa ditawar dengan nilai apapun.( Rls/dpc)
Lebih baru Lebih lama