Loading...

Pemdes Darul Aman Gelar Musrenbangdes 2023

 
Rupat ( Detikperjuangan.com) – Kegiatan Desa Darul Aman Kecamatan Rupat Kabupaten.Bengkalis Prov.Riau berlangsung pada momen Musyawarah Rencana Pembanguan Desa ( Musrenbangdes) serta membuat Daftar Usulan (DU) tahun 2023 dan penetapannya untuk tahun 2024 Musrenbang Desa Darul Aman dilaksanakan dan dibuka oleh Camat Rupat diwakili Kasi Pem, Ali Syafri di gedung Bumdes Desa Darul Aman, Jum’at, 30/9/2022.

Acara musrebangdes Darul Aman ini melibatkan elemen masyarakat,Kasi Pem.Kec.Rupat,Ali.Syafri, Ketua BPD” Hazri”, UPT.Puskesmas/ UPT Perikanan/ Kelautan, Pertanian/perkebunan, UPT BPBD, Babinsa” Serda Handoko”, Babinkantibmas”Idris”,, Korcam Pembangunan Desa “Erwanto”, Dan Pendampingan Pembangunan Desa serta Ekonomi, Kepala Desa Darul Aman “Pramujo Rosid,S.Hi”.
.
" Berbagai usulan diantaranya pengadaan alat tangkap ikan, namun hal ini  harus melalui  kelompok yang legal, jika tidak legal tidak akan bisa masuk ke- pihak bagian terkait di Bengkalis,", ungkap  Irwandi


Acara Musrenbang Desa Darul Aman,
terkait dari beberapa dana pembangunan Desa prioritas bantuan sosial tunai dan lainnya tergantung usulan Kadus dan Desa.

" Selama ini kita terhambat Covid-19, saat ini lantaran kita sudah zona hijau dan Kami sudah melaksanakan produk stunting dan beberapa kategori bisa dilapor oleh kebijakan Desa,, pencegahan stunting dan diwajibkan angka stunting di usia anak diawasi, usia itu ada kader khusus stunting dan kader kesehatan yang berbeda," sebut dari Tim kaderisasi Kesehatan.

 
Sementara itu Korcam Pembangunan Kecamatan Erwanto mengatakan soal pembangunan.

" Diantaranya   dana bermasa untuk kesehatan ada Rp 600 juta , pemberdayaan Rp 32 juta dan Rp 8 juta pengawasan,pembinaan dan dari Kecamatan serta Kabupaten.
1milyar satu desa,1milyar satu Kelurahan dan 1milyar satu Kecamatan, ,", papar Erwanto.

Erwanto menambahkan, ini program Kabupaten Bengkalis tahun 2022, dana tersebut banyak manfaat nya jika direalisasika sebaik baiknya, kemudian penyaluran dana bermasa, tantangan untuk pak Kadus yaitu Dana bermasa bersifat kelompok, tidak perorangan.

Erwanto menambahkan,RKPDes tetap tiap tahun dilakukan,jangan pernah bosan,jangan pernah muak,ini rutinitas kegiatan RPJM – RKPDes harus, kita masukkan ke Musrenbang, sebut Erwanto.(Rls/dpc.)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama