Loading...

Kapolres Bengkalis Pimpin Pembukaan KGPP dan Lomba PBB 2023 di Polsek Mandau



Mandau ( Detikperjuangan.com) Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro pimpin upacara pembukaan Kompetensi Giat Prestasi Pramuka (KGPP) dan lomba PBB tahun 2023, Satuan Karya Bhayangkara Polsek Mandau, Sabtu (25/2/23) sore.

Bertindak sebagai perwira upacara pembukaan tersebut Aipda Johanda S.Pd.I, Komandan upacara Satria, Ajudan Inspektur upacara Iqbal R, pembawa acara Siva Pelangi dan pembaca Doa Irwan S.

Semoga semangat Gerakan Pramuka terus membara, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, siap menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” ucap Kapolres Bengkalis Setyo Bimo Anggoro dalam arahannya.

AKBP Setyo Bimo memaparkan bahwa  Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti ‘Sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Gerakan Pramuka khususnya di sekolah merupakan program kegiatan yang bertujuan mulia, yaitu mendidik generasi muda melakukan hal hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku, menyiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI



“Kegiatan dirancang sebagai alat pendidikan bagi siswa-siswi untuk menjadi generasi muda yang tangguh, menjadi generasi perekat dan siap membangun NKRI. Dengan begitu, lulusan Pramuka di Sekolah akan memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana, akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

AKBP Setyo Bimo berharap dengan adanya KGPP dan lomba PBB para siswa-siswi dapat tumbuh dan berkembang menjadi sosok manusia penerus bangsa yang akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Satuan Karya Pramuka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam
pembangunan nasional,” paparnya.

Ditambahkan Kapolres Bengkalis yang baru bertugas ini, satuan Karya yang membidangi bidang kebhayangkaraan, saka Bhayangkara ialah Satuan Karya terbesar dan paling berkembang di Indonesia. Saka
Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam.

“Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umumnya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dan terkadang memperbantukan pihak Dinas Pemadam Kebakaran. Saka Bhayangkara berada di bawah Pembinaan POLRI,” terang AKBP Setyo Bimo Anggoro.


Turut hadir pada upacara pembukaan tersebut Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat, Kanit Binmas IPTU Indra Varena, Kanit Samapta IPTU Zulkifli, Kanit Lantas Polsek Mandau IPTU Awi Ruben, Wakil Bina Muda Eka Yetty, Wakil Organisasi Umi Norita.

Serta Andalan Penegak Putri Riri Budiarti, Andalan Saka Eva Damayanti, Bina Warsa Febri Yuliza, Bhabinkamtibmas Polsek Mandau, Personil Koramil 03/Mandau dan peserta Saka Bhayangkara.( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama