Loading...

Panen Perdana Cabai Merah di Kepenghuluan Melayu Besar Tanah Putih Tanjung Melawan


Rokan Hilir (Detikperjuangan.com)  Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir panen  Perdana Cabai Merah di Kepenghuluan Melayu Besar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir.

Datuk Penghulu Melayu Besar Milhan , dan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan  H.Muhammad Zuhri S.Ag MM, dan Babhinkamtibmas Serita Lase  ikut hadir 
serta pada panen perdana Cabai di Kepenghuluan Melayu Besar Rabu(8/5).Agenda ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan pertanian seluas 1.200 meter2.
 
Menurut Milhan, panen seperti ini bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa mengendalikan inflasi tanah putih Tanjung melawan.  Milhan berkomitmen akan terus memberikan bantuan, untuk pertanian seperti subsidi, bibit, pupuk, dan edukasi kepada para kelompok tani.



 
“Saya mengimbau pada masyarakat Melayu Besar, ayo kita manfaatkan lahan perkarangan walaupun itu kecil. Minimal hasil pertanian yang ada di lahan perkarangan, bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga ,” kata Milhan selaku Penghulu Melayu Besar.
 
Milhan berharap, dengan membaiknya sistem irigasi yang ada di Kepenghuluan Melayu Besar juga akan berimbas bagi agar kedepannya bisa mencegah banjir jika musim penghujan tiba.
 
Sementara itu, Nasrun selaku pemilik lahan mengatakan, perkiraan jumlah hasil panen mencapai 150 kilogram. Selama ini, pihak pemko juga melakukan pendampingan dengan modal yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Rohil (APBD).



Ia mengelola kebun tersebut dengan memberdayakan Empat orang masyarakat sekitar, mulai dari menanam hingga merawat cabai. Rencananya hasil panen tersebut akan dijual ke pasar tradisional sekitar, yaitu Pasar ujung tanjung .
 
“Tanaman cabai sangat berpengaruh dengan cuaca,  dan semangka. Namun jenis tanah lebih bagus untuk tanaman cabai Dan jagung daripada yang lain," jelasnya.( Tutur s./dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama