Loading...

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Danrem 031/WB Luncurkan Mesin Serut Lidi Sawit- Ini Ungkapan Dandim Bengkalis


Pekanbaru ( detikperjuangan.com)  - Guna meningkatkan perekonomian masyarakat lewat balutan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung dan Gubernur Riau Syamsuar luncurkan mesin serut Lidi Sawit, Rabu 29 juni 2022.

Alat penyerut lidi sawit itu diperkenalkan dan secara resmi diluncurkan guna meningkatkan potensi UMKM dalam menghasilkan berbagai karya dan produk kerajinan bernilai jual tinggi berbahan dasar lidi sawit.

Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengatakan, sebagaimana pula diketahui, Provinsi Riau merupakan salah satu wilayah dengan vegetasi sawit yang melimpah. Selain tandan buah segarnya, lidi sawit juga dapat dijadikan berbagai alat dan produk kerajinan berwujud sapu lidi, piring, vas bunga, bahkan produk kerajinan lainnya yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. 

“Memandang potensi itu, kita luncurkan mesin serut sawit agar masyarakat, terkhusus para pengrajin lidi sawit lebih mudah dan cepat dalam melepas helai daun dari lidi sawit,"terangnya.




"Kemudahan yang diberikan dari penggunaan mesin ini jelas sangat efisien dan menunjang produktifitas hasil kerajinan dan produk keterampilan berbahan dasar lidi sawit,”ungkapnya lagi.

Selain itu, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto turut hadir dan merasakan dampak baik dari peluncuran mesin tersebut, dimana Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu daerah yang memiliki hamparan komoditas kelapa sawit yang luas dan sangat berpotensi untuk dikembangkannya berbagai produk dan kerajinan berbahan dasar lidi sawit. 




“Tentunya dengan peluncuran mesin serut lidi sawit ini, masyarakat di Kabupaten Bengkalis akan sangat terbantu. Proses pengikisan daun dari lidi jauh lebih instan dan tentunya hemat waktu. Dengan demikian, produktifitas dalam menghasilkan berbagai produk kerajinan akan lebih cepat dan maksimal. Klimaksnya, nilai perekonomian dan UMKM masyarakat akan lebih maju dan mensejahterakan,”ucap Dandim

“Kodim 0303 Bengkalis tentunya sangat mengapresiasi peluncuran mesin serut lidi sawit oleh Korem 031/WB ini, semoga bermanfaat dan mendatangkan nilai ekonomi yang mumpuni bagi masyarakat, terkhusus pelaku UMKM pada jajaran Korem 031, terkhusus bagi masyarakat di Kabupaten Bengkalis, jajaran Kodim 0303,”tuturnya lagi.(Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama